Warga Hutapuli Siabu Blokade Jalinsum Terkait Masalah BLT

pemblokiran Jalinsum

topmetro.news – Kecewa akibat penyaluran BLT (Bantuan Langsung Tunai), warga Desa Hutapuli Kecamatan Siabu Mandailing Natal (Madina) melakukan pemblokiran Jalinsum, Selasa (16/6/2020).

Dari informasi dihimpun topmetro.news, penyebab utama terjadinya pemblokadean Jalinsum ini akibat Kepala Desa Hutapuli Hanafi Nasution dan aparat desa, melakukan musyawarah desa dan melakukan penambahan peserta penerima BLT. Tapi dilakukan tanpa kehadiran anggota Badan Pemusyawarahan Desa (BPD).

Camat Siabu Ali Hamsar Nasution SPd saat dikonfirmasi topmetro.news menjelaskan, bahwa penyaluran BLT di Desa Hutapuli ada penambahan peserta. Dan rapat keputusan penambahan BLT tersebut tanpa diikuti BPD. Sehingga akhirnya berujung pada perlawanan kepada kepala desa dengan memblokade Jalinsum.

“Untuk sementara informasi yang bisa saya sampaikan itu dulu. Sebab, kami baru saja tiba ke lokasi untuk melakukan mediasi,” tandasnya.

Di tempat terpisah, Kapolsek Siabu AKP Ayub kepada topmetro.news menuturkan, bahwa terjadinya keributan yang berujung pada pemblokiran Jalinsum, karena BPD tidak menerima keputusan terkait adanya penambahan jumlah penerima BLT di Desa Hutapuli.

“Saat ini Muspika masih sedang rapat untuk berupaya melakukan mediasi. Agar masyarakat mau membuka blokade Jalinsum yang berakibat pada terjadinya kemacetan sampai berkilometer,” tegasnya.

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment